Dari media untuk media; Training Kepenulisan

DSCN6507Training kepenulisan yang berlangsung pada 13 Juni 2013, pukul 13.00- 18.00 di Auditorium Fakultas Kehutanan merupakan acara yang diselenggarakan oleh Departemen Media dan Informasi LEM FKT UGM dengan berkerjasama dengan departemen media HMM-BSO. Ketua panitia, Andreas Bambang mengungkapkan bahwa training ini diselenggarakan untuk mengembalikan minat mahasiswa terhadap bidang kepenulisan. Acara training bertemakan “Membangkitkan Nyawa Kepenulisan Rimbawan” mendatangkan 6 fasilitator dan dihadiri oleh 40 mahasiswa.

Acara dimulai dari perkenalan peserta dan fasilitator terasa santai dan fokus karena mereka duduk membentuk lingkaran dan  terdapat kontrak belajar yaitu peserta tidak boleh meninggalkan acara tanpa alasan yang disetujui oleh forum. Diskusi dimulai dengan evaluasi media dari media cetak/ online yang dibuat oleh organisasi di kampus, kemudian diskusi dilanjut oleh evaluasi tulisan yang telah dibuat oleh peserta sebagai penugasan.

Setelah beristirahat pada pukul 15.00,  acara dilanjut oleh pembagian kelompok kecil sesuai jenis kepenulisan yaitu jenis feature,  opini dan kolom, strainght news dan kepenulisan ilmiah. Setiap kelompok terdapat fasilitator yang memandu berlangsungnya belajar. Kemudian setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi dalam forum besar. Presentasi ditutup oleh pemberian saran dari fasilitator untuk mengembangkan minat dan kapasitas menulis dengan belajar teknik menulis dan terus mengembangkan minat menulis untuk mengoptimalkan organisasi yang telah diikuti.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s