Study Visit Journalistic

Study Visit Journalistic

Ikuti Study Visit Journalistic 2012 “Rimbawan mengulik jurnalistik, membuka cakrawala informasi”, yang merupakan kunjungan ke media cetak lokal yaitu Kedaulatan Rakyat Yogyakarta. Setelah kunjungan, akan diadakan presentasi hasil kunjungan di sebuah rumah makan di daerah Kalasan Yogyakarta dan pastinya akan menarik sekali. Buruan daftar, peserta terbatas looo, cukup dengan Rp.10.000,- , sudah dapat banyak manfaat…. 🙂

Acara diadakan Sabtu 1 Desember 2012, Technical metting tanggal 30 November 2012. Pendaftaran dibuka mulai dari 19 November 2012 sampai 25 November 2012. Untuk pendaftaran, hubungi CP via sms, dengan format sms: SVJ (spasi) Nama Lengkap (Spasi) Angakatan. Krirm ke CP: 085746454909 (Siska Alviyanti). Untuk 5 pendaftar pertama akan mendapatkan kenang-kenangan menarik. 🙂

Adapun Uraian Acara adalah sebagai berikut:

Dunia jurnalistik kini menjadi sasaran utama dalam segala pemberitaan baik masalah lingkungan, politik, ekonomi,maupun segala hal yang menyangkut kepentingan khalayak umum. Dengan segala berita kita dapat membuka wacana yang tadinya terasa semu akhirnya menjadi jelas dan nyata. Dari itu semua kita harus mengetahui perkembangan dunia pers dan jurnalistik baik dalam ruang lingkup perencanaan, proses penulisan, produksi, maupun distribusi, serta tema–tema terhangat yang sedang dibahas. Maka dari itu perlu adanya suatu studi banding ke berbagai media cetak maupun media elektronik, atau yang lainnya. Agar kita dapat melihat secara nyata siklus proses yang ada didunia jurnalistik.

Forester juga harus menjadi jurnalis, hal ini diharuskan karena forester membawa isu-isu lingkungan yang rentan sangat berhubungan dengan kehidupan seluruh umat manusia. Perlunya pengenalan mahasiswa terhadap berbagai media yang mengangkat segala isu global kemasyarakat luas. Sehingga proses ini dapat membantu dalam pembelajaran mengenai jurnalistik dan keuntungan yang dapat diperoleh dengan menjadi seorang jurnalis.

Kegiatan ini dapat menjadi sarana studi banding kejurnalistikan di berbagai media cetak maupun media elektronik ternama di Indonesia. Dengan pembelajaran langsung, diharapkan jiwa-jiwa kewirausahaan muncul pada forester, terutama di bidang jurnalis, bagaimana menjadi seorang wirausahawan/wati dengan berkecimpung di dunia media, mengolah informasi atau data menjadi sumber pendapatan sehingga dapat berguna bagi masyarakat dan dengan jurnalistik, diharapkan seorang forester dapat membangun masa depan yang cerah.

Pengetahuan mengenai penelitian ilmiah dan informasi sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam kajian ilmiah di bidang kehutanan. Selain itu, pengetahuan tentang penelitian dan informasi akan meningkatkan kepekaan para forester terhadap gejala-gejala alam dan perubahan yang terjadi disekitarnya. Sehingga, dengan penelitian dan informasi diharapakan dapat membantu manusia untuk memecahkan suatu masalah.

Tujuan kegiatan :

  • Menumbuhkan kemampuan dalam bidang jurnalistik mahasiswa FKT UGM.
  • Meningkatkan inovasi dan kreatifitas Mahasiswa FKT UGM dalam mengangkat isu-isu lingkungan terutama pada sektor kehutanan.
  • Menghasilkan karya dalam bidang jurnalistik yang dapat dipublikasikan ke khalayak umum.
  • Mengenal dan mempelajari sistem kerja media-media terkemuka
  • Menambah pengetahuan mengenai sistem informasi dan komunikasi yang diterapkan di Indonesia serta sistem jurnalistik mancanegara.
  • Meningkatkan pengetahuan tentang berbagai permasalahan dan kebijakan pada sektor kehutanan serta hubungannya terhadap media.
  • Membangun jiwa wirausaha pada forester melalui bidang jurnalistik.
  • Menambah pengetahuan mengenai dunia kehutanan dari segi jurnalistik.

Bentuk kegiatan :

Kegiatan ini merupakan kegiatan dari Lembaga Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kehutanan UGM yang didukung sepenuhnya oleh Keluarga Besar Fakultas Kehutanan termasuk didalamnya meliputi keterlibatan kepanitiaan bersama HMM dan BSO. Kegiatan ini diadakan untuk melatih ketrampilan jurnalistik mahasiswa kehutanan (forester) dan juga ingin menunjukkan bahwa forester juga mampu dalam hal jurnalistik. Dalam kegiatan ini, kami berharap dengan kita terjun langsung ke dunia jurnalistik, baik media cetak maupun media televisi dan kita dapat mempraktekan secara langsung.

Media cetak yang kita tuju adalah media lokal yang terdapat di kota pelajar, yaitu ”Kedaulatan Rakyat”. Dengan segala kelebihan yang dimiliki media cetak tersebut, maka ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan kehutanan yang dilihat dari kacamata media, akan didapatkan manfaatnya oleh peserta.

Untuk itu, kami tunggu partisipasi anda di acara SVJ ini. 🙂

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s