Lembar Janji Dekan Baru

Lembar Janji Dekan Baru

            Semua makhluk hidup yang hidup dan menjalani kehidupan di dunia ini, pasti memiliki tujuan masing-masing. Kemudian semua pasti berhasrat untuk menjadi bermanfaat bagi kehidupan makhluk hidup lain bagi yang berpikir dan yang sadar. Dan disini, akan coba kami uraikan hasil dari wawancara kami, tentang tujuan dari Bapak Satyawan menjadi Dekan Fakultas Kehutanan Periode 2012-2016, yang mungkin janji-janji beliau akan dapat selalu kita awasi dan pantau perkembangannya, sehingga ketika terjadi perubahan arah tujuan, harapkannya kita bersama bisa mengkoreksinya dan ketika sudah melampaui batas, mau tidak mau kita harus mengingatkannya dengan aksi dan membukakan kembali Lembar Janji Dekan ini.

Dengan membawa tema besar yaitu “Kebersamaan Membangun Fakultas Kehutanan Menuju Kesejahteraan Berbasis Profesionalisme”, Dekan Fakultas Kehutanan UGM akan melaksanakan kepengurusannya. Terhitung sejak kemarin (8 Oktober 2012), dengan diadakannya ‘Serah Terima Jabatan Dekan Fakultas Kehutanan’, maka dimulailah awal kepengurusan bapak Satyawan Pudyatmoko hingga 2016 mendatang.

VISI?

Fakultas Kehutanan yang inovatif dan unggul di bidang kehutanan tropika, mengabdi kepada kepentingan bangsa dan kemnusiaan, dijiwai nilai-nilai budaya bangsa berdasarkan Pancasila.

MISI?

–          Mendidik bangsa Indonesia menjadi manusia susila yang cakap dan memiliki integritas berdasarkan Pancasila

–          Mengembangkan ilmu pengetahuan kehutanan tropika bagi kemandirian dan kesejahteraan bangsa Indonesia

Alasan menjadi dekan ?

Ingin mengabdi lebih ke fakultas dan membenahi hal – hal yang maish belum sempurna dikampus. Beliau diusung oleh beberapa dosen untuk menjadi dekan. Beliau juga ingin menerapkan dan menjalakan visi dan misi fakultas.

Terobosan atau solusi – solusi kreatif yang akan dilakukan sebagai dekan Fakultas Kehutanan UGM?

Akan membenahi hal – hal yang belum dibenahi atau disempurnakan pada periode ini. Beliau belum mau mengungkapkan secara gambling mengenai program atau trobosan, karena beliau ingin mengevaluasi beberapa elemen fakultas yang dianggap belum terbenahi sehingga dapat ditentukan prioritas perbaikan atau pembenahannya.

Kebijakan terkait kurikulum?

Beliau mengatakan kurikulum yang sekarang belum baik, sehingga perlu dibenahi lagi. Kurikulum dapat diperbaharui atau diganti tergantung pada tantangan yang sedang dihadapi dengan rentangan 2 tahun sekali, sehingga jika beliau terpilih bisa saja terjadi pergantian kurikulum ataupun penyempurnaan kurikulum yang sekarang, karena menurut beliau maish ada beberapa bagian yang belum baik dan benar.

Terkait Akreditasi,?

Fakultas sedang mempersiapkan akreditasi PRODI KEHUTANAN bukan lagi per minat atau jurusan. Maka jika akreditasi KEHUTANAN sudah turun maka semua jurusan atau minat akan mengikuti akreditasi tersebut. Karena ada Minat yang masa akreditasinya sudah berakhir maka akan segera mengikuti akreditasi KEHUTANAN. Akreditasi KEHUTANAN sudah diserahkan namun belum juga ditanggapi oleh DIKTI. Beliau mengatakan kalau DIKTI juga sedang kewalahan, sehingga wajar jika terlati keterlambatan pelayanan akreditasi. Hal tersebut yang membuat proses mendapatkan akreditasi membutuhkan waktu yang lama.

Keberadaan lembaga mahasiswa di kampus?

Sangat mendukung organisasi kemahasiswaan dan kegiatan mahasiswa, asalkan lembaga mahasiswa melaksanakan organisasinya sesuai dengan tujuan dan fungsinya dalam membangun softskill mahasiswa.

Solusi sekre untuk masing – masing HMM/BSO?

Perlu ada evaluasi kebutuhan sekre untuk masing – masing HMM/BSO, jika tidak ada evalusi bagaimana bisa dibuatkan bangunan atau sekre yang dapat menampung seluruh kegiatan mahasiswa. Jika ada pembangunan gedung baru, dan apabila ada laporan evaluasi kebutuhan sekre untuk masing – masing HMM/BSO (Laporan ini dapat diajukan oleh mahasiswa) maka akan mulai dipikirkan untuk pembuatan sekre baru.

Kegiatan lembaga – lembaga mahasiswa vs dana minim?

Dana yang diberikan sudah cukup besar. Lagipula pembagian dana untuk mahasiswa sudah dibagi – bagi antar kegiatan mahasiswa dan PKM. PKM mendapat jatah dari dana kemahasiswaan karena memang berhubungan dengan mahasiswa, tidak dapat dicampurkan dengan dana penelitian untuk dosen.

Forum terbuka dekanat?

Sangat mendukung adanya FORUM TERBUKA DEKANAT, seharusnya Forum seperti itu dapat dilakukan 2 kali dalam setahun yakni pada tiap – tiap smester, sehingga pihak Dekanat dapat mengoreksi dan membenahi kekurangan – kekurangan yang pernah dilakukan. Dulu waktu beliau menjadi kepala bagian di Bagian Konservasi Sumber Daya Hutan , beliau sering melakukan sharing dan evaluasi kinerja Bagian bersama mahasiswa setiap smesternya.

PKM untuk beasiswa?

Mungkin di tahun – tahun pertama akan terjadi banyak kecurangan, namun ditahun kedua akan mulai diketatkan sehingga tidak akan ada lagi praktek – praktek kecurangan. PKM sebagai syarat digunakan untuk seluruh jenis beasiswa karena beliau ingin meningkatkan kemampuan mahasiswa dibidang penelitian dan meningkatkan kreativitas mahasiswa, melihat sulitnya mahasiswa dalam proses pembuatan skripsi. Seharusnya sebagai mahasiswa penelitian merupakan sesuatu yang wajib yang seharusnya dilakukan. Selain itu, kebijakan ini akan  dievaluasi jika terbukti tidak mengubah apapun, maka kebijakan seperti ini akan dicabut.

Sekian tentang Lembar Janji Dekan ini, lembar ini diperoleh berdasarkan hasil wawancara kami (LEM FKT UGM), yang telah disetujui untuk dipublish oleh Dekan Fakultas Kehutanan periode 2012-2016 sebelum menjabat sebagai Dekan. Terima kasih, semoga dapat bermanfaat bagi semuanya. Sebelumnya kami mohon maaf bila terdapat kesalahan dalam penulisan. Kami membuka selebar-lebarnya pintu koreksi, saran dan kritik, karena itu akan kami pergunakan untuk perkembangan kami yang lebih baik lagi.

Penyusun: Medinfo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s