Selamatkan Badak, Dengan Mencanangkan Tahun Badak Internasional

Selamatkan Badak, Dengan Mencanangkan Tahun Badak Internasional

Pencanangan Tahun Badak Internasional ini didukung oleh 11 negara tempat sebaran badak dunia, termasuk Indonesia, yang sepakat untuk mencanangkan Tahun 2012 sebagai Tahun Badak Internasional.

Tahun Badak Internasional akan digunakan sebagai momentum dan akses bagi peningkatan kerja sama internasional dalam pelestarian badak di Indonesia. Dengan mengajak masyarakat juga instansi terkait untuk menyukseskan Tahun Badak Internasional, merupakan poin penting untuk memulai langkah kongkrit.

Pelestarian badak sebagai bagian dari pemantapan untuk reputasi bangsa sebagai salah satu pemimpin dunia dalam hal pembangunan ekonomi yang berwawasan lingkungan. Pengelolaan lingkungan hidup yang baik menjamin keberlangsungan layanan ekosistem dan kehidupan aneka satwa dan fauna di dalamnya.

Di antara satwa-satwa langka yang dimiliki oleh Indonesia, beberapa mengalami penurunan populasi dalam tingkat menuju kepunahan. Penyebab dari ancaman tersebut adalah berkurangnya habitat asli sebagai akibat dari kegagalan mengelola hutan dan ekosistem secara lestari.

Dengan mengajak rakyat Indonesia untuk menanamkan arti penting kelestarian lingkungan hidup kepada keluarga, serta memberikan penjelasan dan pencerahan untuk menjaga, merawat, dan melestarikan lingkungan, merupakan hal yang harus dilakukan.

Selain itu, budaya asli Indonesia sesungguhnya sarat akan nilai-nilai pengelolaan alam yang lestari. Berbagai bentuk pemanfaatan kekayaan alam yang dilakukan oleh masyarakat adat secara tradisional telah terbukti berlangsung selama ribuan tahun dan tidak menimbulkan kerusakan lingkungan.

Dengan itu diharapkan pada tahun ini, badak dan satwa-satwa langka yang dimiliki oleh Indonesia akan terentaskan dari kepunahan yang mengancamnya. Maka mari bersama-sama memanfaatkan lingkungan dan kekayaan alam secara bijaksana.

*Berbagai sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s