Menengok Sejarah Berdirinya Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia

Menengok Sejarah Berdirinya Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia

Pada tahun 2012, genap 40 tahun sudah Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang akan diperingati setiap tanggal 5 Juni. Peringatan ini dimaksudkan untuk menggugah kepedulian manusia dan masyarakat pada lingkungan hidup yang kian hari kian rusak. Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini awalnya dicetuskan pada tahun 1972 sebagai rangkaian kegiatan lingkungan oleh salah seorang senator Amerika Serikat, Gaylord Nelson yang dari dua tahun sebelumnya menyaksikan betapa kotor dan cemarnya bumi oleh ulah manusia.

Selanjutnya, beliau mengambil prakarsa bersama LSM yang bergerak dibidang lingkungan hidup untuk mempelopori satu hari bagi usaha penyelamatan bumi dari jurang kerusakan. Dari Konferensi PBB mengenai lingkungan hidup yang diselenggarakan pada tanggal 5 juni 1972 di Stockholm, Swedia. Akhirnya tanggal 5 Juni tersebut ditetapkan sebagai hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Lalu sudah siapkah kita untuk memperingati hari tersebut? Mari kita rencanakan sebaik mungkin. Karena manfaat dari kebaikan untuk lingkungan yang akan kita laksanakan tidak hanya untuk diri kita sendiri, tapi juga untuk orang lain bahkan hingga anak cucu kita kelak. Dan bayangkan saja jika semua manusia melakukannya, maka akan sangat terasa kebaikan yang kita lakukan tersebut. Ditambah lagi kebaikan itu bukan hanya karena hari lingkungan hidup sedunia saja, tetapi tetap dilakukan kapan saja.

*Dari Berbagai Sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s