Menanamkan Pancasila

Menanamkan Pancasila

Tidak dipungkiri lagi apabila 1 Juni merupakan hari lahirnya Pancasila. Bung Karno  merupakan pencetus dan penggali Pancasila, yang kemudian hingga saat ini menjadi ideologi dasar negara Indonesia kendati nilai-nilai Pancasila  sudah mulai luntur di masyarakat Indonesia.

Sebab, makin hari perjalanan Republik ini serasa kian jauh dari spirit Pancasila. Bahkan, ada kelompok kecil orang yang tabu atau alergi menyebutkan salah satu pilar bangsa tersebut.

Jangankan dipraktikkan dalam kehidupan nyata, dipidatokan sebagai rujukan berbangsa pun Pancasila kian jarang. Pancasila diperlakukan seperti ornamen usang yang lebih pantas dimuseumkan.

Padahal, sejarah membuktikan bahwa melalui Pancasila-lah bangsa yang majemuk dan multikultur ini masih bisa direkatkan hingga kini. Banyak bangsa lain di berbagai belahan dunia bahkan iri dengan kedalaman falsafah Pancasila tentang ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan sosial itu.

Untuk itu semoga dengan peringatan hari lahir pancasila 1 Juni ini dapat memberikan kesadaran bagi seluruh bangsa Indonesia untuk menanamkan kembali “Pancasila” yang sempat hilang. Pancasila adalah identitas bangsa ini dan dari situlah negara Indonesia ini lahir. Maka jangan sampai kita mendurhakai Pancasila.

*Dari Berbagai Sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s