Keorganisasian : Forestry Leadership School #3

Forestry Leadership School : Keorganisasian

Forestry Leadership School 2012 pada minggu ketiga ini merupakan penutupan kegiatan Latihan Kepemimpinan Mahasiswa Kehutanan untuk angkatan baru. Acara yang dimulai pukul 15.55 dengan ketua panitia Agil (GF ’11) ini bertempat di Auditorium Fakultas Kehutanan UGM. Acara dibuka oleh MC mbak Fondah (MH ’09) dengan pembukaan Jargon FLS (Fun, Love and Success). Acara langsung diberikan kepada Moderator. Moderator untuk FLS ketiga ini adalah Mas Herlambang (THH ‘09). Moderator sendiri membuka dengan jargon yang berbeda agar suasana tidak jenuh langsung ke materi. Jargon baru itu “Rimbawan Muda”, “Yes Kita Siap” dan “FLS”, “We are leader”.

Acara langsung pada materi pertama yaitu tentang keorganisasian oleh Mas Zaky (FH ’08). Mas zaky sendiri adalah perwakilan dari Mas Sinyo (Presma UGM) yang tidak dapat hadir. Mas zaky sendiri menjelaskan bagaimana membentuk organisasi, sejarah gerakan mahasiswa, partai mahasiswa di UGM, dan pemikiran – pemikiran Anis Baswedean. Mas zaky menjelaskan kita harus belajar banyak dari sosok pak Anis B. Beliau adalah mantan ketua Senat Mahasiswa UGM tahun 1991/1992, reporsi paradigma pergerakan dan revitalisasi hubungan dan jaringan internal dan eksternal. Mas zaky juga memberikan pengertian bagaimana seharusnya sosok mahasiswa sekarang dari cerita bung hatta bahwa untuk menyampaikan pemikiran kita seharusnya tidak harus lantang demo turun ke jalan tetapi berdebatlah adu argumentasi.

Materi kedua diisi oleh Mas Eko (THH ’08). Ma Eko sendiri sudah sangat familiar dikalangan mahasiswa baru dengan stand up comedynya ataupun guyonan-guyonan yang lain. Mas eko sendiri menjelaskan tentang Aksi (Aktifis Profesional). Seorang aktifis harus mempunyai mind set  yang benar yaitu mempunyai visi, misi, strategi, implementasi dan master piece yang digambarkan dalam bentuk segitiga. Mas eko sendiri juga menjelaskan paradigma pendidikan kita yang berasal dari suwardi suryaningrat yaitu Ing ngarsa mangun karsa, Ing Madya Mangun Karsa, dan Tut Wuri Handayani. Ketiga pemikiran tersebut harus kita terapkan dalam karakter kita dan dikolaborasikan dengan manajemen dan cinta. Karakter seorang aktifis ada 3, yaitu Konseptual (digambarkan seorang direktur), Hubungan manusiawi (Manajer) dan operasional (Staff).

Setelah acara diisi materi, FLS ketiga ini diisi dengan presentasi HMM (Himpunan Mahasiswa Minat) yang diisi oleh Mas Jodhi (BDH ’09) dan Mas dana (MH ’09). Mas Jodhi dan Mas Dana sendiri tidak menjelaskan detail masing-masing minat karena sebenarnya presentasi akan diisi oleh masing-masing ketua HMM. Tetapi berhubung ada praktikum, maka diisi oleh mas Jodhi dan mas Dana. Mas Jodhi dan mas Dana sendiri menjelaskan apa itu HMM secara general karena untuk penjurusan General Forestry 2011. HMM sendiri di Fakultas Kehutanan UGM ada empat, yaitu KMMH (Keluarga Mahasiswa Manajemen Hutan), Forestation (KSDH), HIMABA (Himpunan Mahasiswa Budidaya atau Silviculture) dan Forestech (Teknologi Hasil Hutan).

*Oleh : Fahrudin (G’Fors 2011)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s