Jangker : Kabar Sylva Indonesia PC UGM

Sekilas Kabar Sylva Indonesia PC UGM

Samar-samar mungkin pernah terdengar nama Sylva Indonesia di kampus Kehutanan tercinta ini. Sebuah organisasi yang mungkin tidak lagi ada gaungnya, tidak lagi dikenal oleh mahasiswa Fakultas Kehutanan UGM secara gamblang. Sebenarnya apa itu Sylva Indonesia? Lalu apa kabarnya di kampus Kehutanan UGM tercinta ini?

Berawal dari sebuah keresahan bersama tentang keadaan Sylva Indonesia PC UGM yang saat ini mulai jarang terdengar. Organisasi yang seharusnya menjadi kekuatan yang sangat besar ketika mau dimanfaatkan, ‘alat’ yang sangat strategis untuk membawa suara mahasiswa kehutanan di seluruh Indonesia untuk menyuarakan aspirasinya untuk hutan Indonesia yang lebih baik. Namun di Fakultas Kehutanan UGM ini kini seakan vakum, sama sekali tidak terdengar suaranya.

Sylva Indonesia adalah kesatuan mahasiswa kehutanan di seluruh Indonesia. Sebuah perkumpulan untuk saling sapa, silaturahmi, dan menggalang kekuatan bersama membawa aspirasi mahasiswa kehutanan Indonesia untuk mengiringi pembangunan hutan Indonesia yang lebih baik. Kenapa harus bersama-sama seluruh Indonesia? Jelas, karena dengan aliansi tersebut maka suara kita akan lebih didengar dan dipertimbangkan untuk perbaikan hutan Indonesia. Ketika kita berjalan sendiri-sendiri, tentu suara kita tidak akan didengar apalagi dipakai sebagai bahan pertimbangan. Menurut sejarah, tonggak awal lahirnya Sylva Indonesia terjadi pada tahun 1959, dengan inisiator UGM dan IPB. Sylva Indonesia dipimpin oleh seorang sekjen yang berfungsi sebagai pimpinan pengambil keputusan.

Saat ini untuk Sylva Indonesia PC UGM ini dipegang oleh LEM FKT. Dan untuk ketuanya juga otomatis dipegang oleh ketua LEM FKT. Sebenarnya tergantung tiap PC tersebut mau dibuat seperti apa pengurusnya, tidak ada ketentuan pasti harus dibuat bentuk seperti apa pengurus di tiap PC. Ada yang dibentuk semacam BSO tersendiri, bergabung dengan LEM, dan sebagainya. Untuk PC UGM kita dipegang oleh LEM. Merunut pada sejarah, dulu sebenarnya PC UGM terpisah dari LEM, namun karena dirasa pengaruhnya dikampus terlalu besar, maka diambil keputusan bahwa Sylva Indonesia PC UGM akhirnya harus digabung dengan LEM FKT untuk meminimalisir pengaruh yang terlalu besar tersebut. Tepatnya posisi Sylva Indonesia dibawah Departemen Jaringan dan Kerjasama (Janker) LEM.

Namun saat ini mulai muncul kegamangan seperti apa kabar Sylva Indonesia PC UGM ini? Seperti yang sudah disampaikan diatas, sebenarnya sudah jelas bahwa posisi Sylva Indonesia berada dibawah LEM FKT. Namun agaknya butuh penegasan lagi ingin dibuat dengan format seperti apa PC UGM ini. Ada wacana jika akan lebih baiknya dimunculkan forum yang membahas isu ini sampai tuntas. Forum tersebut dengan mengumpulkan seluruh mahasiswa FKT UGM, disampaikan semua aspirasinya dan diambil satu keputusan akan dibuat seperti apa Sylva Indonesia PC UGM ini. Tinggal bagaimana kita menyikapinya. Butuh perhatian lebih untuk mewujudkan tujuan mulia ini.

Ketika ada sebuah kapal bocor, ada 2 pilihan yang dapat kita ambil. Pertama mencari siapa yang membuat kesalahan hingga membuat kapal itu bocor, lalu mengkritik, menghujat, tanpa memberikan solusi. Pilihan kedua, bahu-membahu bekerjasama mengajak yang lain juga untuk menambal kebocoran tersebut agar kapal dapat melanjutkan perjalanan ke tujuan. Perumpamaan ini dapat disesuaikan dengan keadaan kita saat ini, dimana kita dihadapkan pada kedua pilihan tersebut. Tergantung pilihan mana yang diambil. Namun akan lebih baik jika ikut bahu-membahu untuk memperbaiki keadaan agar kondisi Sylva Indonesia PC UGM dikampus Kehutanan tercinta ini kembali hidup lagi dari tidur panjangnya.

Ini semata-mata hanya bermaksud untuk memperbaiki keadaan Sylva Indonesia PC UGM agar kembali dalam keadaan yang baik lagi.

*Laporan hasil forum diskusi Janker KM FKT, 10 Mei 2012

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s