May Day: Mahasiswa Ikut Peduli akan Nasib Buruh

May Day: Mahasiswa Ikut Peduli akan Nasib Buruh

Hidup Buruh!

Hidup Mahasiswa!

Hidup rakyat Indonesia!

Satu hari yang selalu bergejolak, itulah hari buruh internasional yang diperingati setiap tanggal 1 Mei. Aksi di kota-kota besar sudah menjadi hal yang lazim ketika hari buruh diperingati oleh para buruh dan orang-orang yang peduli dengan nasib mereka. Beginilah kenyataannya, hingga saat ini nasib para buruh masih sangat tertindas. Lantas aksi atau demonstrasi merupakan jalan yang pantas agar suara mereka didengar oleh orang-orang yang punya kekuasaan. Besar harapan mereka agar orang-orang itu tidak menyalahgunakan kekuasaannya. Di mana kekuasaan itu justru digunakan untuk menyengsarakan rakyat, terutama kaum buruh.

Sebagai kaum yang memiliki tanggung jawab sebagai orang terdidik, sudah sewajarnya mahasiswa untuk ikut merasakan keprihatinan atas penindasan yang dialami oleh para buruh. Selaras dengan adanya gagasan #IndonesiaBerdaulat yang ditelurkan oleh Forum Kajian Strategis UGM, telah menjadi alasan yang cukup untuk mendorong keterlibatan mahasiswa dalam aksi “Solidaritas Mahasiswa UGM untuk Buruh dan Kedaulatan Rakyat”. Aksi ini dilaksanakan pada tanggal 1 Mei 2012 dan diikuti puluhan mahasiswa dari berbagai fakultas yang dikoordinasikan oleh DEMA Justicia (Fakultas Hukum) serta BEM KM UGM. Dalam aksi ini mahasiswa UGM bergabung dengan ARY (Aliansi Rakyat Yogyakarta) yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat.

Aksi diawali dengan orasi di bundaran UGM yang dilanjutkan dengan aksi bersama ARY di jalan Malioboro hingga titik km 0 Yogyakarta.

Massa aksi ini sempat berhenti di Kantor DPRD DIY. Orasi-orasi disuarakan oleh para buruh dan juga perwakilan dari mahasiswa. Massa juga menyerahkan pohon harapan kepada perwakilan dari DPRD DIY. Pohon ini berisi harapan dari para buruh yang tentu saja memiliki harapan agar para wakil rakyat mau membantu menghentikan penindasan terhadap mereka.

Aksi dilanjutkan lagi menyusuri jalan malioboro yang sudah ramai dengan para pengunjung. Pemberhentian aksi berikutnya adalah di depan pasar Beringharjo. Satu per satu kaum perempuan, baik buruh maupun mahasiswa, ikut memompa semangat para buruh untuk memperjuangkan hak-hak mereka.

Setelah itu, aksi dilanjutkan hingga km.0 dengan diiringi dengan orasi dari para orator. Berbagai macam slogan-slogan pendek menyemarakkan suasana aksi ini. Mahasiswa juga nampak bersemangat berjalan sambil menyanyikan lagu-lagu perjuangan.
Setibanya di km.0 massa diarahkan ke tengah perempatan kantor pos besar dan membentuk lingkaran. Satu per satu perwakilan dari masing-masing lembaga berorasi. Ada yang membacakan puisi, ada yang menggunakan bahasa jawa kromo (pada awalnya saja), dan ada juga yang menyebutkan kata-kata yang dirasa cukup kasar. Mahasiswa Fakultas Kehutanan UGM juga ikut berorasi yang diwakili oleh Ketua LEM Fakultas Kehutanan, Yudha Arif Nugroho.

Di km. 0 massa sudah banyak berkumpul. Ada yang dari AJI (Aliansi Jurnalis Independen), ABY (Aliansi Buruh Yogyakarta), ARIT, dan lain-lain. Secara garis besar mereka ingin keadilan terhadap kaum buruh.

Tuntutan yang dilayangkan oleh ARY adalah sebagai berikut:

1. Tindak tegas pelangar Upah Minimum Provinsi (UMP)
2. Hentikan pemberangusan Serikat Buruh/Pekerja
3. Hapus sistem kontrak dan outsourcing
4. Berikan akse JAMKESOS dan KMS (Jaminan kesehatan dan Pendidikan)
5. Tolak diskriminasi Buruh perempuan
6. Tolak Kenaikan BBM
7. Turunkan Harga-harga sembako
8. Cabut Ayat 6a Pasal 7 dan Pasal 18 UU APBN 2012
9. Cabut UU Migas dan Penanaman Modal Asing
10. Upah da kerja layak bagi pekerja rumah tangga.

Terakhir adalah, penyerahan pohon harapan yang berisi harapan dari para buruh yang ada, pohon ini kemudian diserahkan kepada perwakilan DPRD DIY.

Secara keseluruhan, aksi berlangsung tertib dan damai. Selamat Hari Buruh !

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s