Lebih Dekat Dengan 5 Calon Rektor UGM

Mau lebih dekat dengan 5 calon rektor UGM yang sudah terseleksi sekarang?

 

 

 

 

 

 

Berikut adalah profil dan sekilas konsep yang mereka tawarkan untuk UGM kedepan. Silahkan disimak..

Prof. Dr. Techn. Danang Parikesit, M.Sc. (Eng)

1. Prof. Dr. Techn. Danang Parikesit, M.Sc. (Eng), beliau merupakan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UGM. Dalam konsep yang beliau tawarkan adalah “UGM mencerahkan” dan “UGM mensejahterakan”. Perlawanan UGM kepada bentuk kolonialisme ketika tahun 1948 dan 1949 menunjukan bahwa UGM tidak berhenti untuk mengobarkan api revolusi yang menyala-nyala. Posisi UGM untuk memberikan peran kepada lingkungan dirasa sangat penting agar dapat mempengaruhi Indonesia dan Dunia.  Disamping itu beliau juga menjelaskan mengenai pembangunan unit kerja tentang kebijakan publik. Pada posisi ini diperlukan keseriusan dalam perbaikan internal dan eksternal UGM terutama pada posisi peran UGM diluar. Pada isu liberalisasi pendidikan dan penentuan rumah bagi UGM diantara BLU-BHMN, beliau menjelaskan bahwa kita jangan terjebak di dalam dikotomi korporasi dan pemerintah yang terdiri dari 1st dan 2nd sectors. Akan tetapi kita juga harus mampu membaca peluang pada 3rd sector yakni publik untuk ikut terlibat di dalam peningkatan dan kemajuan pendidikan tinggi di Indonesia. UGM juga didesak untuk mampu melahirkan konsep sesuai dengan karakternya sendiri yang berbasiskan perencanaan dan pertanggung jawaban. Merespon mengenai BLU-BHMN, beliau memaparkan bahwa pengambil kebijakan tarif perguruan tinggi terbagi menjadi BLU (Pemerintah) sementara BHMN (Kampus). Respon beliau mengenai Sekolah Vokasi (SV) UGM juga cukup tegas dengan mengatakan bahwa Dosen SV UGM terdiri dari akademisi dan praktisi, dimana 70% berasal dari praktisi.

Prof. Dr.Ir Djagal Wiseso Marseno M.Agr

2. Prof. Dr.Ir Djagal Wiseso Marseno M.Agr, beliau merupakan Dekan Fakultas Tekhnologi Pertanian (FTP) UGM. Di dalam konsepnya beliau menyampaikan bahwa seorang Calon Rektor UGM tidak perlu merancang visi dan misinya. Visi misinya sudah tercantum di dalam statuta UGM. Sebagai pengejawantahan pemikirannya, beliau sangat menginginkan terwujudnya trilogi pembangunan akademik, profesionalisme, dan internasionalisasi. Beliau juga menambahkan di sela-sela perdebatan bahwa konsep sekolah yang diajakrkan oleh Socrates adalah ” Sekolah memiliki cara pandang ilmiah”. Pandangan tersebut menegaskan bahwa UGM sebagai WCRU harus menguasai salah satu Tridharma Perguruan Tinggi yakni “Penelitian”. Sehingga dengan terwujudnya nilai itu, maka civitas UGM akan menjadi pembelajar sepanjang hayat. Tanggapan beliau mengenai liberalisasi pendidikan antara lain dengan memaparkan lahirnya GATS dan masuknya jasa pendidikan  sebagai salah satu komoditi perdagangan yang bisa merubah bentuk pendidikan menjadi “private goods”. Oleh karena itu beliau dengan lantang mengatakan bahwa “SPMA jangan kompromistis”. SPMA harus benar-benar menjalankan prinsip keadilan. Di dalam konsep RUU Pendidikan Tinggi yang kini sedang dibahas oleh Komisi X DPR RI, beliau menjelaskan bahwa Perguruan Tinggi saat ini terkelompokan menjadi 3 jenis. Selain itu beliau juga menegaskan akan memilih konsep BLU karena mengedepankan prinsip transparansi dan akuntabilitas.

Prof. Dr. Ir. Suryo Hapsoro Tri Utomo, Ph.D.

3. Prof. Dr. Ir. Suryo Hapsoro Tri Utomo, Ph.D., beliau yang pernah menjabat sebagai Direktur Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, di samping jabatannya sebagai Guru Besar pada Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Beliau yang juga merupakan lulusan sarjana Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada tahun1984, memperoleh derajat Doctor of Philosophy dalam ilmu teknik dari University of Newcastle upon Tyne Inggris tahun 1996. Memangku jabatan sekretaris Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Gadjah Madadari 1999 sampai 2003. Jabatan Kepala Laboratorium Teknik Transportasi dipangku tahun 1998 dan jabatan Ketua Jurusan pada jurusan yang sama dijabat tahun 2003. Prof. Dr. Ir. Suryo Hapsoro Tri Utomo, Ph.D. adalah anggota Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia (HPJI) dan anggota Masyarakat Transportasi Indonesia.

Prof. Dr. Marsudi Triatmodjo SH, LL.M.

4. Prof. Dr. Marsudi Triatmodjo SH, LL.M., beliau adalah Dekan Fakultas Hukum UGM. Dlaam konsepnya beliau menjelaskan bahwa UGM harus berbicara tentang Indonesia dan Dunia. Beliau juga menceritakan bagaimana konsepsi yang ia bangun di FH UGM dengan menerapkan Problem Based Learning (PBL) yang mengikutkan trasnfer of knowledge dan transfer of skill. UGM juga dikatakannya hebat karena sering melakukan penemuan-penemuan yang bermanfaat bagi publik. Dalam konteks liberalisasi pendidikan, beliau mengatakan bahwa kampus memiliki konsep nirlaba dimana menganut good univ governance. UGM akan menjadi BLU penuh pada tahun 2013. Mengenai SV UGM beliau menegaskan diperlukannya kombinasi 2 unsur antara akademik dan praktisi.

Prof. Dr. Pratikno, MS.c

5. Prof. Dr. Pratikno, MS.c, beliau adalah Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) UGM. Di dalam konsepnya beliau memamparkan perlunya menginternasionalkan UGM melalui pertama proses belajar, kedua produk SDM, dan ketiga memiliki daya juang untuk memerdekakan Indonesia. Beliau juga menjelaskan bahwa “pendidikan bukan hanya masalah knowledge, akan tetapi juga ada etik dan kewirausahaan. Dalam hal manajemen organisasi, beliau memaparkan jika diperlukan standarisasi dan sinergisitas kepada semua unit. UGM juga harus mampu bekerja di eksternal. Beliau juga menolak logika korporasi di dalam institusi pendidikan dan menuntut UGM tidak hanya berbicara soal demokrasi ketika masih banyak mahasiswa yang tertekan karena biaya kuliah dan birokrasi akademik.

Demikian sekilas perkenalan dan tawaran konsep para calon rektor UGM untuk UGM kedepan. Besok (19/3) kelima orang calon rektor tersebut akan menjalani proses seleksi, sehingga menyisakan 3 orang nama calon Rektor UGM 2012-2017.

Itulah para calon rektor UGM yang nantinya memegang penuh kebijakan di kampus kerakyatan ini. Jadi masih belum peduli?

 

Sumber : rektorugmku.wordpress.com

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s